Seledri Dan Manfaatnya Sebagai Obat Darah Tinggi

By | April 3, 2017

Obat Darah TinggiMungkin pikiran pertama anda setelah mendengar kata seledri adalah salah satu jenis tanaman yang berguna sebagai tambahan penyegar makanan misalnya sop, bakso, dan lain sebagainya. Akan tetapi bagi sebagian orang, seledri dipercaya bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman obat darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa memakan seledri sebanyak 4 batang setiap hari dapat menurunkan risiko darah tinggi. Dalam seledri terdapat kandungan senyawa Phthalide, di mana kandungan tersebut dipercaya mampu melemaskan otot pembuluh darah. Seperti yang diketahui pada penderita hipertensi, otot pembuluh darahnya mengalami kekakuan yang menyebabkan pembuluh darah tidak bisa fleksibel yang membuat darah tidak bisa mengalir dengan mudah sehingga jantung dipaksa lebih keras supaya bisa menyalurkan darah ke seluruh tubuh dan menyebabkan tekanan darah meningkat.

Bagaimana cara mengolah seledri menjadi obat darah tinggi?

Cara membuat obat darah tinggi berbahan dasar seledri sebenarnya cukup mudah, anda tinggal menyiapkan daun seledri secukupnya saja. Seledri yang digunakan tentu saja seledri yang masih segar supaya terjaga kesegarannya nanti. Setelah itu, seledri yang sudah disiapkan dicuci sampai bersih untuk kemudian dimasak dengan air sampai masak. Setelah seledri dalam air tersebut sudah cukup banyak mengeluarkan sari, angkat lalu saring. Pisahkan dari ampasnya, yang akan digunakan adalah air dari hasil rebusan daun seledri. Diamkan sampai dingin. Setelah itu, anda bisa mengkonsumsinya sebagai obat untuk menurunkan tekan darah tinggi dengan takaran 2 sendok makan sebanyak tiga kali sehari tapi ingat jangan berlebihan dalam meminumnya.

Demikian tadi adalah manfaat dari daun seledri yang tidak banyak orang ketahui selain sebagi bahan tambahan dalam masakan. Akan tetapi ada yang perlu digaris bawahi mengkonsumsi seledri ini tidak boleh berlebihan bagi penderita hipertensi karena akan menyebabkan tekanan darah justru meningkat. Selain itu konsumsi berlebihan pada seledri bisa menyebabkan gangguan pada lambung pasien. Jika dalam penggunaannya tepat sasaran maka seledri ini dapat menjadi pilihan tepat sebagi obat darah tinggi.

Related posts: