Pertolongan Pertama Jika Terkena Bisa Ular

By | September 11, 2017

tips kesehatanBerjalan-jalan ke hutan maupun mendaki gunung tentu saja kegiatan yang menyenangkan. Namun, terkadang hal ini justru membawa risiko. Apalagi di hutan tentu saja banyak hewan-hewan buas yang siap menyerang kapan saja. Nah, salah satu hewan buas yang bisa menyerang tersebut yaitu ular. Ular ini merupakan hewan yang memiliki bisa dan juga racun yang bisa mematikan seseorang maupun hewan lain jika terkena gigitannya atau terkena bisanya. Namun, terkadang banyak orang yang akan langsung panik apabila mereka terkena gigitan ular bahkan mereka tidak mengetahui bagaimana cara menangani jika terkena bisa pada ular. Nah, simaklah beberapa tips di bawah ini mengenai bagaimana pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika terkena bisa atau tergigit ular.

Tips Menangani Jika Terkena Bisa Ular

Berikut ini beberapa tips atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika terkena gigitan dan juga bisa ular.

  1. Jangan melakukan banyak gerakan dan usahakan untuk tetap tenang, karena banyak gerak akan menyebabkan bisa cepat menyebar di dalam tubuh.
  2. Jika Anda menggunakan perhiasan, maka lepaskanlah perhiasan tersebut, karena takut nantinya terjadi pembengkakan dan akan susah untuk melepaskannya.
  3. Usahakan untuk mengatur posisi bagian badan yang terkena bisa ular lebih rendah dari jantung.
  4. Ikat bagian yang terkena bisa ular agar tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain.
  5. Jangan sampai sesekali menggigit atau mencoba untuk menyedot bisa ular tersebut apalagi menggunakan mulut. Karena racun akan mudah berpindah ke tubuh seseorang yang menyedotnya.
  6. Jangan mengompres bagian yang terkena bisa ular juga menggunakan es, karena hal ini justru bisa berbahaya.

Jadi, itulah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan jika nantinya Anda terkena bisa ular ketika Anda sedang berjalan-jalan ke hutan, gunung, maupun tempat-tempat lainnya. Memang akan lebih baik lagi jika Anda langsung membawanya ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk diberikan obat atau suntikan anti bisa ular agar bisa yang ada di dalam tubuh tidak akan cepat menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Related posts: