Panduan Mudah Untuk Menyemai Bibit Cabe

By | March 25, 2017

bibit cabeBibit cabe yang akan anda tanam akan melalui proses penyemaian agar supaya tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Bibit yang bisa dibeli maupun disiapkan tersendiri ini harus benar-benar merupakan bibit yang terpilih dan berkualitas baik untuk bisa menghasilkan tanaman yang sesuai dengan harapan anda. Pastinya tanaman cabe yang baik dan berkualitas juga akan memberikan pada anda hasil cabe yang berkualitas pula. Saat ini ada banyak sekali jenis tanaman cabe yang bisa anda pilih sesuai dengan selera atau keinginan anda.

Ikuti Panduan Menyemai Bibit Cabe Berikut Ini Untuk Dapatkan Tanaman Cabe Yang Terbaik

Sebagian orang memang bertanya tentang mengapa bibit cabe harus disemaikan? Mengapa tidak langsung ditanam saja di media tanam atau lahan yang telah di persiapkan untuk tanaman tersebut? Sebenarnya memang lebih mudah dengan langsung menanamnya di media tanam, namun dengan menyemainya terlebih dahulu maka anda beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan yaitu mendapatkan bibit tanaman dengan kualitas yang terbaik yaitu yang bisa tumbuh dengan baik serta sehat dan selain itu kita bisa memindahkan tanaman ke tempat yang lebih baik saat batangnya sudah kuat sehingga siap untuk tumbuh dengan maksimal.

Berikut beberapa cara yang terbaik untuk menyemaikan bibit tanaman cabe.

  • Siapkan media penyemaian

Untuk media penyemaian anda bisa menyiapkan sebuah wadah yang terbuat dari plastik. Alasi wadah tersebut dengan menggunakan kertas tisu yang dibasahi. Setelah itu anda bisa meletakkan beberapa bibit tanaman cabe di atas tisu yang telah dibasahi tadi. Tutup kembali bibit yang telah anda letakkan di atas tisu basah dengan tisu yang sudah dibasahi juga.

  • Biarkan selama beberapa waktu

Setelah anda menutup bibit tanaman cabe dengan menggunakan tisu yang juga telah dibasahi, tutup wadah penyemaian tersebut dengan rapat dan letakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari secara langsung.

  • Penyemaian berhasil

Proses penyemaian disebut berhasil jika setelah beberapa hari anda akan menemukan bibit yang telah anda semaikan sudah mulai menunjukkan adanya pertumbuhan kecambah. Tunggu hingga batangnya terlihat kokoh dan kuat untuk segera dipindahkan ke media tanam khusus bibit cabe.

Related posts: