Cek Tagihan Listrik Setelah Tips Berhemat

By | February 7, 2017

cek tagihan listrikKetika bulan berganti baru dan awal bulan menjadi tanggal gajian juga telah datang maka saatnya untuk membayar berbagai tagihan yang sudah menjadi kewajiban kita sebagai masyarakat seperti membayar tagihan listrik, air dan sebagainya. Dan ketika tiba saatnya untuk membayar listrik setelah mengantri cukup lamanya dan saat petugas cek tagihan listrik betapa terkejutnya ternyata tagihannya cukup tinggi. Sehingga membuat saya berfikir apa yang menyebabkan tagihan menjadi meningkat hingga hampir 50%. Apakah penggunaan listrik dirumah begitu borosnya sehingga tagihan naik hingga segitu besarnya. Dan sesampainya dirumah aku pun langsung memeriksa berbagai peralatan elektronik yang ada dirumah. Dan kemudian aku pun melihat begitu banyak peralatan listrik yang tidak digunakan tetapi kabel listriknya masih menancap pada saklar.

Tips Berhemat Terbukti Saat Cek Tagihan Listrik

Tips yang pertama adalah untuk menyalakan listrik seperlunya saja. Kemudian hindari memasukkan makanan panas ke dalam kulkas, hal ini akan mengakibatkan kulkas bekerja keras dengan meningkatkan kinerjanya untuk menjaga suhu dalam lemari pendingin tersebut. Yang ketiga adalah menggunakan penampungan air jika menggunakan mesin pompa air. Kemudian yang keempat adalah penggunaan suhu AC yang disesuaikan dengan luas ruangan sehingga tidak akan berlebihan. Yang kelima adalah gunakan setrikaan yang dapat mengatur suhu panas secara otomatis sehingga saat cek tagihan listrik maka akan terjadi penurunan jumlah kwh yang digunakan. Tentu hal ini akan berpengaruh pada jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Kemudian yang keenam adalah ketika menonton televisi ada baiknya jika dinyalakan saat memang ingin menonton. Kemudian saat akan masak dengan rice cooker maka gunakan air yang telah dipanaskan agar mempercepat proses memasak. Dengan demikian saat cek tagihan listrik penggunaan kwh juga akan menurun karena saat memasak dengan rice cooker membutuhkan kwh yang cukup tinggi. Kemudian jika siang hari sebaiknya untuk memanfaatkan sinar matahari sebagai penerang dalam rumah tentu itu akan lebih menyehatkan. Gunakan lampu LED sehingga akan menghemat energi saat menyalakan lampu. Sekiranya demikian tips dalam menghemat listrik, semoga bermanfaat.

Related posts: